August 14, 2016

SANG MERAH PUTIH



Cerpen karangan : Eko ervin kurniawan
Kelas : Youtube 1





  


Suatu masa ,hidup di desa terpencil anak yang bernama budi, budi ini anak pertama dari dua bersaudara, budi ini anak tunggal ,dia terlahir dari keluarga sederhana,disiplin,dan patriotisme,karena dulu kakek nya budi adalah seorang pejuang atau veteran indonesia ,budi pun sangat ingin seperti kakek nya bisa membela nama negara ,dan mempertahankan kedaulatan negara.

Di hari kemerdekaan ini budi ingin membuat orangtuanya bangga akan yang dia lakukan,karena budi tergabung menjadi anggota paskibraka di desanya , dia sudah berlatih berhari - hari demi menjadi paskibraka yang baik.

Tapi impian budi hampir gagal sehari sebelum hari kemerdekaan ,budi tiba - tiba jatuh sakit tapi budi gak patah semangat dia tetap berusaha dan tetap berlatih walau sedang sakit. orang tua budi pun meminta agar budi tidak usah ikut mengibarkan bendera karena kondisi nya yang masih sakit. namun budi memaksa tetap ingin melakukannya.

Dan hari ini pun tiba hari dimana saksi atas kemerdekaan indonesia 71 tahun yang lalu. dimana banyak sekali para pejuang yang gugur di medan perang demi persatuan & kesatuan negara republik indonesia. budi pun bersiap siaga bersama team paskibranya lalu mereka berbaris bersiap menunggu intruksi.

Akhirnya saat yang ditunggu pun tiba saat team budi untuk mengibarkan sang saka merah putih dengan gagah dan berani budi mengibarkan bendera merah putih, orang tua budi yang menyaksikan meneteskan air mata bahagia mereka sangat bangga kepada budi.

Semenjak saat itu budi menjadi anak yang sangat berkarakter karna kegigihannya ingin mengibarkan sang merah putih walaupun sedang sakit. dia juga mendapat penghargaan dari pemerintah daerah. tapi sungguh semua yang dilakukannya hanya ingin membuat orang tua nya bangga akan apa yang ia lakukan.







No comments:

Post a Comment